Abaikan PSBB, H-2 Idul Fitri Masyarakat Pekanbaru Padati Mal Berburu Baju Lebaran di Tengah Pandemi Corona

Abaikan PSBB, H-2 Idul Fitri Masyarakat Pekanbaru Padati Mal Berburu Baju Lebaran di Tengah Pandemi Corona

22 Mei 2020
Suasana di Plaza Citra Pekanbaru, Jumat siang (foto: dok/riau24group)

Suasana di Plaza Citra Pekanbaru, Jumat siang (foto: dok/riau24group)

RIAU1.COM - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ternyata tidak mempengaruhi keinginan masyarakat untuk berburu baju lebaran.

Pasalnya pada H-2 lebaran Idul Fitri ini, masyarakat tetap datang ke pusat perbelanjaan untuk membeli baju lebaran.

Salah satunya di Plaza Citra, Jalan Pepaya, Pekanbaru. Terlihat ratusan pengunjung tanpa menghiraukan protokol kesehatan, lebih fokus berburu baju lebaran.

Berdasarkan pantauan Riau24 Grouo, Jumat 22 Mei 2020, pengunjung mulai dari anak-anak hingga dewasa memadati Mal sekitar pukul 12.00 WIB.

Sementara itu dari pihak Mal sendiri terlihat menyiapkan petugas untuk mengecek suhu tubuh pengunjung Mal dengan thermoscaner.

Sayangnya, meski sudah dilakukan pengecekan suhu badan, masih ada pengunjung yang tidak menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, seperti tidak mencuci tangan, tidak mengenakan masker dan physical distancing.

Salah satu pengunjung Nita (50) mengaku cemas adanya masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah.

"Was-was ya, tapi bagaimana lagi kita saja yang tahu diri bagaimana menjaga jarak agar terhindar dari penyebaran virus corona," katanya.

Nita mengakui sebenarnya dirinya takut pergi ke mal. Tapi lantaran desakan dari anak-anak untuk berlebaran dengan baju baru dipaksakan untuk pergi. 

"Awalnya menolak tapi karena kasihan pada anak-anak yang minta dibelikan baju lebaran jadi terpaksa ke Mal," ungkapnya.