Tak Punya Sumber Daya Alam, Pekanbaru Hidup dari Industri, Perdagangan, dan Jasa

Tak Punya Sumber Daya Alam, Pekanbaru Hidup dari Industri, Perdagangan, dan Jasa

1 Januari 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Meski tak punya sumber daya alam, namun perekonomian Pekanbaru setara dengan kota metropolitan lain di Indonesia. Dalam menggerakkan perekonomian, Pekanbaru mengandalkan sektor jasa, perdagangan, dan industri. 

"Pekanbaru tidak memiliki sumber daya alam. Maka, modal pembangunan Pekanbaru adalah sumber daya manusia dan wilayah yang luas 632,3 kilometer persegi di tengah-tengah pulau Sumatera," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Jumat (1/1/2021).

Industri yang tengah dikembangkan adalah pariwisata dan manufaktur (pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi). Untuk diketahui, Pekanbaru masuk ke dalam wilayah rencana aksi pemulihan perekonomian nasional.

"Pusat telah menetapkan 27 kawasan industri strategis baru. Sebanyak 14 kawasan industri baru itu terdapat di pulau Sumatera," ungkap Firdaus.

Dari 14 kawasan industri itu, 2 di antaranya terdapat di Provinsi Riau. Dua kawasan industri baru itu terdapat di Tanjungbuton (Kabupaten Siak) dan Tenayan Raya (Kota Pekanbaru).

"Kami akan mengembangkan industri manufaktur yaitu pabrik pengolahan kelapa sawit. Pabrik ini akan memproduksi 2 juta ton minyak mentah sawit per tahun. Pabrik ini akan membutuhkan 155.000 tenaga kerja," sebut Firdaus.