Pemko Buka Tempat Isolasi di Hotel Jika Pekanbaru Terapkan PPKM Darurat

Pemko Buka Tempat Isolasi di Hotel Jika Pekanbaru Terapkan PPKM Darurat

17 Juli 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru telah bersiap menghadapi kondisi terburuk jika pemerintah pusat memerintahkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Salah satu langkah itu adalah menyiapkan tempat isolasi di hotel. 

"Dalam pemaparan kami di Gedung Daerah di hadapan gubernur pada 12 Juli, kami sudah mengevaluasi kesiapan bilamana terjadi kedaruratan. Kami harus siap," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Sabtu (17/7/2021). 

Sebanyak 60 mobil ambulans hilir mudik menjemput pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) sejak Kamis (15/7/2021). Sebanyak 455 pasien isoman itu dibawa ke tempat isolasi yang disediakan Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru. 

"Jika sudah (PPKM) darurat, kami akan teken kontrak dengan pihak hotel (untuk dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19)," ujar Firdaus. 

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dokter Arnaldo Eka Putra, Senin (12/7/2021), mengatakan, jumlah pasien yang menjalani isoman sebanyak 259 orang di fasilitas pemerintah hingga 11 Juli ini. Rinciannya, sebanyak 81 orang diisolasi di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

Sebanyak 55 orang di Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes). Sebanyak 53 orang di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). 

Sebanyak 15 orang di Rusunawa Rejosari. Terakhir, sebanyak 55 orang di Asrama Haji.