Sebaran Corona Makin Tinggi, 4 Daerah di Riau Terapkan PPKM Level 4

Sebaran Corona Makin Tinggi, 4 Daerah di Riau Terapkan PPKM Level 4

10 Agustus 2021
Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Penyebaran virus corona makin tinggi seiring penerapan PPKM level 4 di Kota Pekanbaru, termasuk Provinsi Riau. Kini, pemerintah pusat menambah wilayah PPKM level 4 di Riau yaitu Kota Dumai, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). 

Wali Kota Pekanbaru Firdaus usai rapat evaluasi di ruang rapat multimedia Mal Pelayanan Publik (MPP), Selasa (10/8/2021), mengatakan, penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau malah semakin tinggi saat PPKM level 4. Dari dua pekan yang lalu, hanya Kota Pekanbaru yang menerapkan PPKM level 4 hingga 2 kali (masing-masing satu pekan) di Riau. Tetapi untuk tahap ketiga ini, PPKM level 4 ini tak hanya diterapkan Kota Pekanbaru saja. 

"Kota Dumai, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Rokan Hulu juga menerapkan PPKM level 4. Hal ini menunjukkan bahwa sebaran virus corona semakin tinggi di Riau, begitu juga di Pekanbaru," ujarnya. 

PPKM level 4 di pulau Sumatera diterapkan selama 14 hari, mulai 10 hingga 23 Agustus. Secara umum, aturan pelaksanaan PPKM ini hampir sama dengan sebelumnya.

Pengetatan dalam membatasi pergerakan masyarakat harus ditingkatkan lagi. Karena, penyekatan jalan yang dilakukan dalam sepekan terakhir, belum membuat masyarakat mengurangi niat bergerak. Sekalipun penyekatan jalan dilakukan sangat ketat di jalan protokol. 

Maka, pengetatan pergerakan masyarakat dilakukan di lingkungan Rukun WargaWarga (RW). Upaya siskamling makin diperketat. 

"Jadi, kami fokus penyekatan di lingkungan RW," ucap Firdaus.