Saran Pemko Pekanbaru, Hasil Reses DPRD Diusulkan di Musrenbang

Saran Pemko Pekanbaru, Hasil Reses DPRD Diusulkan di Musrenbang

4 Oktober 2021
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru Azwan. Foto: Surya/Riau1.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru Azwan. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Anggota DPRD Pekanbaru menyampaikan hasil reses di daerah pemilihan masing-masing. Hasil reses tersebut terkait pembangun dan pelayanan Pemko Pekanbaru yang dinilai masih banyak kekurangan. 

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama dalam sidang paripurna, Senin (4/10/2021), mengatakan, anggota DPRD telah melaksanakan reses pada 25 hingga 30 Agustus. Reses dilakukan di masing-masing daerah pemilihan (dapil) anggota DPRD. 

Sementara itu, anggota DPRD yang diwakilkan oleh masing-masing juru bicara menyampaikan banyak hal. Hasil reses ini menampung aspirasi konstituen di masing-masing dapil. 

Sebagian besar aspirasi masih terkait infrastruktur, pengaspalan jalan, drainase hingga rumah layak huni. Kemudian, aspirasi warga lainnya terkait pendidikan yang murah, penyaluran dana BOS yang lebih merata, mempermudah administrasi kependudukan, penanganan banjir, masalah zonasi sekolah yang masih morat-marit, sampah, dan pelayanan kesehatan.

Usai rapat paripurna, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Azwan mengatakan, hasil reses anggota DPRD seharusnya masuk dalam program berikutnya. Hasil reses itu akan cepat terealisasi jika masuk dari bawah yaitu musrenbang kelurahan hingga musrenbang tingkat kota. Supaya, hasil reses itu bisa sinkron dengan perencanaan.  

"Tentu, hasil reses anggota dewan ini dapat diwujudkan jika anggaran memadai. Makanya, usulan masyarakat melalui anggota dewan itu harus masuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), dan rencana strategis daerah," jelasnya.