Balitbang Pekanbaru Bina Wiraswasta yang Berinovasi dalam Bisnis

Balitbang Pekanbaru Bina Wiraswasta yang Berinovasi dalam Bisnis

13 April 2022
Kepala Balitbang Pekanbaru Azwan saat meresmikan Sekretariat IBT-KMIP di Gedung Caraka Creative Hub, Jalan Arifin Ahmad pada 11 April 2022. Foto: Istimewa.

Kepala Balitbang Pekanbaru Azwan saat meresmikan Sekretariat IBT-KMIP di Gedung Caraka Creative Hub, Jalan Arifin Ahmad pada 11 April 2022. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Pekanbaru membina wiraswasta yang memiliki inovasi dalam berbisnis. Wiraswasta ini dihimpun dalam sebuah komunitas. 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Pekanbaru Azwan telah meresmikan Sekretariat Inkubator Bisnis dan Teknologi Komunitas Masyarakat Inovatif Pekanbaru (IBT-KMIP) di Gedung Caraka Creative Hub, Jalan Arifin Ahmad, pada 11 April 2022. Sekretariat ini merupakan wadah pembinaan terhadap masyarakat yang mempunyai inovasi dalam bisnis dan teknologi. 

"IBT-KMIP merupakan bentuk hadirnya pemerintah. Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terima kasih terhadap seluruh komponen masyarakat yang telah berbuat dalam perkembangan inovasi," ujarnya.

Sementara itu, Direktur IBT-KMIP Yudi Adrian mengungkapkan, pada awal berdiri pada 2019, komunitas ini merupakan kumpulan masyarakat inovatif yang ada di Kota Pekanbaru hasil dari Lomba Kreasi dan Inovasi (KRENOVA) yang diselenggarakan oleh BPP Kota Pekanbaru. Pada 2020, secara resmi KMIP diubah menjadi Inkubator Bisnis dan Teknologi-KMIP. 

IBT-KMIP adalah mitra BPP Kota Pekanbaru dalam pembinaan terhadap masyarakat yang mempunyai inovasi dalam bisnis dan teknologi. IBT-KMIP adalah bentuk pembinaan dan pengembangan wirausaha inovatif secara lengkap dan terpadu bagi wirausaha-wirausaha yang inovatif dan terpilih untuk dibantu agar berhasil dan berkembang.

"Tujuan inkubator ini adalah untuk membantu perkembangan para wirausaha agar menjadi tangguh dan mandiri serta dapat mempercepat pengembangan bisnisnya. Wirausaha yang terpilih di bawah IBT-KMIP disebut dengan tenant," jelasnya. 

Dalam kegiatan peresmian tersebut, juga berlangsung kegiatan Pasar Rakyat Pekanbaru #3. Kegiatan ini menghadirkan gerai yang diisi oleh berbagai macam bisnis UMKM yang ada di Kota Pekanbaru.