Balitbang Pekanbaru Ciptakan Alat Pemantau Pergerakan Bus TMP

Balitbang Pekanbaru Ciptakan Alat Pemantau Pergerakan Bus TMP

13 April 2022
Endra Trinura, pegawai Fungsional Perekayasa di Balitbang Pekanbaru. Foto: Istimewa.

Endra Trinura, pegawai Fungsional Perekayasa di Balitbang Pekanbaru. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Pekanbaru menciptakan alat pemantau pergerakan bus Trans Metro Pekanbaru (TMP). Dengan alat ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru akan semakin mudah mengelola armada bus TMP.

“Kami akan melakukan uji lapangan terhadap sistem modul remote sensing bus TMP. Tahap awal ini, kami akan melakukan pemasangan alat dan uji coba di beberapa bus TMP yang rute perjalanannya dari Mal Pelayanan Publik (MPP) menuju Kompleks Perkantoran Tenayan Raya dan atau sebaliknya," kata Endra Trinura, pegawai Fungsional Perekayasa di Balitbang Pekanbaru, Rabu (13/4/2022). 

Sebagaimana diketahui bahwa modul remote sensing adalah sistem yang diciptakan untuk memantau moda transportasi TMP. Modul ini memberikan informasi kepada pengguna terkait posisi dan keberadaan bus TMP berdasarkan tujuan, halte, armada yang beroperasi, harga tiket, dan informasi terkini lainnya. 

Bagi Dinas Perhubungan (Dishub), modul remote sensing akan memberikan kemudahan dalam pengelolaan bus TMP. Karena, sistem ini akan memberikan informasi terkait catatan riwayat perjalanan armada, kecepatan armada yang beroperasi, pemantauan kondisi suhu, dan kelembapan ruangan armada.