Badan Kesbangpol Pekanbaru Sosialisasi Pemilu ke FPK

Badan Kesbangpol Pekanbaru Sosialisasi Pemilu ke FPK

2 Juni 2023
Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Syoffaizal. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Syoffaizal. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Sosialisasi etika dan budaya politik merupakan salah satu upaya Pemko Pekanbaru untuk menyukseskan Pemilu 2024. Kali ini, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru menggelar sosialisasi Pemilu bagi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Gedung MDI, Kompleks Kemenag Pekanbaru

pada 30 Mei 2023.

"Kami merasa perlu untuk memberikan sosialisasi Pemilu. Agar, Pemilu 2024 bisa terlaksana dengan baik," kata Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru Syoffaizal, Jumat (2/6/2023). 

Indikator pelaksanaan Pemilu yang sukses antara lain, aman, jujur, dan adil, serta meningkatnya partisipasi pemilih. Guna meningkatkan partisipasi pemilih, Badan Kesbangpol aktif melakukan sosialisasi. Sejauh ini, sosialisasi etika dan budaya politik telah digelar beberapa SMA. Sasaran sosialisasi adalah pemilih pemula.

"Kami juga menggelar sosialisasi kepada para ketua RT-RW di Kecamatan Binawidya dan Tuah Madani pada 29 Mei. Kemarin, kami sosialisasi bagi FPK dengan peserta sosialisasi 100 orang," ungkap Syoffaizal. 

Meskipun peserta sosialisasi ada yang sudah mengikuti Pemilu beberapa kali, namun sistem dan aturan pelaksanaan pemilu ada yang mengalami perubahan. Sehingga, Badan Kesbangpol perlu sosialisasi lagi. 

"Jadi ada informasi-informasi, aturan-aturan baru yang perlu kami sampaikan ke masyarakat. Agar, masyarakat tahu dengan informasi terbaru tentang Pemilu," jelas Syoffaizal.