Dishub Pekanbaru Pasang Portal di Pintu Masuk Pusat Kota

Dishub Pekanbaru Pasang Portal di Pintu Masuk Pusat Kota

2 Oktober 2023
Kabid Angkutan Dishub Pekanbaru Khairunnas. Foto: Surya/Riau1.

Kabid Angkutan Dishub Pekanbaru Khairunnas. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru tengah memasang portal di dua pintu masuk pusat kota. Agar, truk bertonase besar (berbobot di atas 8 ton) tidak masuk pusat kota mulai pagi hingga malam hari.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Pekanbaru Khairunnas, Selasa (2/10/2023), mengatakan, satu gudang sudah pindah dari Jalan SM Amin ke samping Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS). Perusahaan yang pindah gudang itu adalah Indah Cargo.

"Satu perusahaan lagi belum pindah gudang di Jalan SM Amin. Karena, mereka harus mencari lahan sesuai terlebih dahulu," ujarnya.

Sebenarnya, sebagian besar truk bertonase besar tak ingin masuk ke dalam kota. Hanya saja, ada sopir truk yang ingin coba-coba masuk ke dalam kota pada siang hari.

"Guna mengantisipasi itu, kami sedang memasang portal di simpang Jalan Pesantren-Jalan Lintas Timur (Kulim) setinggi 3 meter. Kami mengimbau truk bertonase di atas 8 ton dari Jalan Lintas Timur berbelok ke Jalan Pasir Putih (arah Pandau)," ucal Khairunnas.

Kalau tidak patuh, maka sopir truk bertonase besar akan ditindak Satlantas Polresta Pekanbaru. Portal kedua juga akan dipasang di Jalan Pemuda. Hal ini guna mencegah truk bertonase besar masuk dari Jalan Siak II. Tinggi portal juga 3 meter.