Disketapang Pekanbaru Rancang Aplikasi Pantau Komoditas Pangan

Disketapang Pekanbaru Rancang Aplikasi Pantau Komoditas Pangan

15 Agustus 2023
Tim Disketapang Pekanbaru saat meramu aplikasi Sinona Kepang. Foto: Istimewa.

Tim Disketapang Pekanbaru saat meramu aplikasi Sinona Kepang. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru tengah merancang aplikasi Sistem Informasi Prognosa Ketersediaan Pangan (SINONA KEPANG). Aplikasi ini akan menampilkan laporan fluktuasi harga dalam kurun waktu rata-rata setiap pekan 

"Dengan aplikasi SINONA KEPANG ini, kami bisa memantau ketersediaan pangan, apakah defisit atau surplus," kata Kepala Bidang (Kabid) Ketersediaan Pangan dan Kerawanan Pangan Disketapang Pekanbaru Ismail, Selasa (15/8/2023). 

Ada 12 data komoditas pangan yang akan ditampilkan dan diperbarui oleh tim teknis dan IT Disketapang. Jadi  aplikasi ini berisi data ketersediaan, angka kebutuhan, maupun harga dari 12 jenis komoditas sesuai dengan data yang dirunut dari pemerintah pusat dalam upaya penanggulangan inflasi. 

Aplikasi ini baru pertama sekali dibuat. Dengan data yang dirancang menggunakan grafik diharapkan Pemko Pekanbaru maupun pemangku kebijakan terkait lainnya bisa mendapatkan data baku tentang kondisi ketahanan pangan.

Dijadwalkan, aplikasi ini sudah selesai dan bisa dimanfaatkan pada bulan ini. Diharapkan, aplikasi ini selesai sesuai target dan datanya bisa langsung dimanfaatkan dalam rapat-rapat khususnya Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID).