Disketapang Pekanbaru Resmikan Aplikasi Sinona Kepang

Disketapang Pekanbaru Resmikan Aplikasi Sinona Kepang

11 September 2023
Plt Kepala Disketapang Pekanbaru Mahyuddin saat meresmikan aplikasi Sinona Kepang, Senin (11/9/2023). Foto: Istimewa.

Plt Kepala Disketapang Pekanbaru Mahyuddin saat meresmikan aplikasi Sinona Kepang, Senin (11/9/2023). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru meresmikan aplikasi Sistem Informasi Prognosa Ketersediaan Pangan (Sinona Kepang). Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa melihat langsung data terkait ketersediaan bahan pangan pokok.

"Saya harap aplikasi Sinona Kepang ini bisa digunakan masyarakat, pelaku usaha, maupun distributor. Aplikasi ini sebagai bentuk dari keterbukaan informasi publik terkait bahan pangan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disketapang Pekanbaru Mahyuddin, Senin (11/9/2023). 

Sementara itu, Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Disketapang Pekanbaru Ismail SP mengungkapkan, ada 12 bahan pokok yang datanya selalu diperbarui secara berkala oleh Disketapang. Hal ini guna memberikan gambaran kepada publik tentang perkiraan ketersediaan pangan dan harga. 

"Komoditas tersebut antara lain beras, gula, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daging ayam ras, minyak goreng dan beberapa komoditas," ujarnya. 

Aplikasi ini baru pertama sekali dibuat. Dengan data yang dirancang menggunakan grafik tersebut diharapkan, Pemko Pekanbaru, maupun stakeholder terkait lainnya bisa mendapatkan data baku tentang kondisi ketahanan pangan. 

''Selama ini, kami membuat laporan manual setiap pekan. Dengan aplikasi ini, data terbari terekam jelas dan bisa dilihat perkembangannya dari rentang pekan ke bulan ke bulan, bahkan tahun ke tahun,'' ungkap Ismail.