DLHK Pekanbaru Ubah Waktu Angkut Sampah

DLHK Pekanbaru Ubah Waktu Angkut Sampah

1 Januari 2024
Plt Kepala DLHK Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Plt Kepala DLHK Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru mengubah waktu pengangkutan sampah pada tahun ini. Pengangkutan sampah dimulai lebih awal yakni dini hari. 

"Kami coba formulasikan agar pengangkutan sampah bisa efektif dan tidak mengganggu aktivitas masyarakat. Selama ini, aktivitas pengangkutan sampah dimulai pukul 04.00 WIB hingga petang," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DLHK Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Senin (1/1/2024). 

Sehingga, truk pengangkutan sampah juga terganggu melintas saat jam sibuk. Di sisi lain, masyarakat juga terganggu. Karena, truk yang berhenti untuk mengangkut sampah mengganggu arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman. 

"Kami mengambil langkah dengan memulai operasional truk pengangkutan sampah pukul 01.00 WIB. Kami lanjutkan sesi kedua pada pagi hari," ucap Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan ini. 

Artinya, tidak banyak lagi sampah yang diangkut. Karena itu, partisipasi masyarakat dan angkutan mandiri sangat dibutuhkan.

"Agar, mereka membuang sampah pada malam hari, antara pukul 21.00 hingga pukul 24.00 WIB. Sehingga, tumpukan sampah tak terlihat pada siang hari. Angkutan mandiri juga lebih lancar membuahkan di TPS sampah legal," harap Ingot.