Era Digitalisasi, Pemko Pekanbaru Siapkan SDM Berdaya Saing

Era Digitalisasi, Pemko Pekanbaru Siapkan SDM Berdaya Saing

15 Januari 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berdaya saing. Karena, era digitalisasi akan mengurangi tenaga kerja.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Senin (15/1/2024), mengatakan, masih ada pekerjaan rumah yang harus dituntaskan. Agar, Kota Pekanbaru dapat menjadi katalisator dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. 

"Oleh sebab itu, sumber daya manusia yang berdaya saing harus dipersiapkan sebagai modal dasar pembangunan. Saat ini, kita mengetahui terjadi digitalisasi di berbagai lini yang diperkirakan akan mengurangi tenaga kerja," ujarnya.

Faktor utama digitalisasi tersebut, tentu SDM yang menjadi mesin penggeraknya. Pengembangan industri berskala besar, hilirisasi komoditas unggulan daerah, pembangunan fondasi ekonomi yang kokoh memerlukan keberlanjutan pemanfaatan sumber daya alam.

"Pemanfaatan sumber daya alam memerlukan SDM yang benar-benar kompeten. Agar, SDM berkompeten mampu merubah merintis, menciptakan, mengelola, mengembangkan dan mempertahankan berbagai pencapaian yang sudah kita miliki saat ini," ujar Muflihun. 

SDM yang produktif dan memiliki daya saing adalah kunci pembangunan. Supaya, SDM produktif dapat mengelola seluruh sumber daya daerah secara optimal dengan memanfaatkan teknologi maju.