PDRB Pekanbaru Tertinggi Setelah Bengkalis

PDRB Pekanbaru Tertinggi Setelah Bengkalis

11 April 2024
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Istimewa.

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pencapaian Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Pekanbaru tertinggi setelah Kabupaten Bengkalis. Pencapaian ini berdasarkan pengukuran aktivitas ekonomi selama periode 2010-2023.

"PDRB Kota Pekanbaru tertinggi setelah Kabupaten Bengkalis yang memiliki lapangan usaha pertambangan dan penggalian," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Kamis (11/4/2024).

Kondisi Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa terlihat dari capaian pelaksanaan arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan yang dituangkan dalam 12 misi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025. Capaian pada setiap misi menunjukkan pencapaian yang baik.

"Dari capaian kinerja RPJMD Periode 2007-2012, 2012-2017, dan 2017-2022, terlihat nilai rata-rata capaian tiap periode dari indikator yang bisa diukur, dengan rata-rata capaian kinerja dari tiga periode RPJMD adalah 86,1 (tinggi)," ungkapnya.

Dalam hal pendidikan, Kota Pekanbaru sebagai pusat pendidikan dapat dilihat dari jumlah sarana pendidikan mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA hingga perguruan tinggi. Kota Pekanbaru dengan ketersediaan sarana pendidikan di setiap tingkatannya menjadi tujuan masyarakat kabupaten dan kota di Provinsi Riau untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

"Di bidang budaya, arah kebijakan pembangunan yang telah dicapai dapat dilihat dari muatan lokal budaya Melayu, penerbitan, media cetak, elektronik, arsitektur gedung, dan taman kota. Pencapaian lainnya dapat dilihat pada pemasyarakatan nilai mulia dalam tunjuk ajar Melayu," ungkap Indra Pomi.