Pedagang Pindah ke TPS, Pasar Bawah Pekanbaru Segera Direnovasi

Pedagang Pindah ke TPS, Pasar Bawah Pekanbaru Segera Direnovasi

27 November 2023
Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pedagang Pasar Bawah Pekanbaru sudah mulai pindah ke tempat penampungan sementara (TPS) di Pelabuhan Pelindo. Sekitar 200 pedagang sudah pindah ke TPS. 

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Senin (27/11/2023). 

"Saya harap proses renovasi Pasar Bawah segera dimulai. Karena, proses renovasi Pasar Bawah sekitar satu tahun," harapnya.

Sebaiknya, pengelola Pasar Bawah, PT Ali Akbar Sejahtera (AAS), mempercepat proses renovasi Pasar Bawah. Karena, hal itu berkaitan dengan royalti yang harus dibayar ke Pemko Pekanbaru. 

Untuk diketahui, Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) antara Pemko Pekanbaru dengan PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) telah ditandatangani pada 12 April 2023. KSP ini berlaku selama 30 tahun. 

Dari kerja sama ini, ada dua hal yang penting supaya tidak timbul kesalahpahaman. Pemko Pekanbaru mendapat dua pendapatan dari kerja sama ini. 

Pertama, kontribusi tetap yang harus dibayar oleh PT AAS kepada Pemko Pekanbaru sebesar Rp677 juta pada tahun pertama. Nilai kontribusi ini naik 3 persen setiap tahun hingga masa kontrak 30 tahun.

Dari pengelolaan gedung ini, Pemko Pekanbaru mendapat bagi hasil sebesar 63,51 persen setiap tahun. Dana bagi hasil ini masuk ke kas daerah Pemko Pekanbaru. 

Pendapatan daerah ini digunakan untuk pelayanan masyarakat. Saat proses renovasi nanti, para pedagang akan direlokasi sementara hingga bangunan selesai ke Pelabuhan Pelindo