Pekanbaru Deflasi 0,04 Persen di Bulan Agustus 2023

Pekanbaru Deflasi 0,04 Persen di Bulan Agustus 2023

1 September 2023
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pekanbaru mengalami deflasi 0,04 persen pada bulan Agustus. Inflasi Pekanbaru masih dalam koridor yang ditargetkan pemerintah pusat.

"Pekanbaru mengalami deflasi 0,04 persen pada bulan Agustus. Hal ini sangat bagus," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution di Sentra Abiseka Rumbai, Jumat (1/9/2023). 

Dari tahun ke tahun (year to year), inflasi Pekanbaru di angka 3,06 persen. Angka ini masih di dalam koridor yang ditargetkan pemerintah pusat. 

"Pusat menargetkan inflasi sebesar 3 plus minus 1. Jadi, antara 2 persen hingga 4 persen," jelas Indra Pomi. 

Inflasi Pekanbaru secara year to year (y to y) di angka 3,06 persen. Artinya, angka inflasi Pekanbaru sesuai dengan yang diharapkan pemerintah pusat. 

"Kami akan terus menjaga inflasi tak terlalu tinggi. Upaya yang kami lakukan adalah pengawasan harga bahan pokok ke distributor dan pasar," ucap Indra Pomi. 

Pemko juga akan melakukan intervensi kalau ada barang-barang yang cenderung meningkat. Kemudian, pemko juga berkoordinasi dengan Satgas Pangan kepolisian jika ada distributor yang menutup gudangnya, menyimpan, menimbun dan lain-lain.