Pemko Pekanbaru Luncurkan Program Berobat Gratis Modal KTP

Pemko Pekanbaru Luncurkan Program Berobat Gratis Modal KTP

26 Mei 2023
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko akan meluncurkan program berobat gratis bermodalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat puncak HUT ke-239 Pekanbaru nanti. Program ini dinamakan Universal Health Coverage (UHC). 

"Saya sudah bilang ke kepala Dinkes dan Sekda bahwa program UHC menjadi kad HUT ke-239 Pekanbaru. Dengan program, masyarakat bisa berobat gratis dengan KTP saja," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Jumat (26/5/2023). 

Penerapan UHC yang masih terkendala anggaran sekitar Rp37 miliar. Namun, hal ini bisa diselesaikan dengan cara mengevaluasi data warga penerima program UHC.

"Jadi (persoalannya) bukan semata-mata anggaran saja. Tapi bagaimana mengevaluasi data yang ada saat ini. Itu yang sedang kami lakukan," ujar Muflihun.

Dengan adanya evaluasi data, maka anggaran yang dibutuhkan untuk penerapan program UHC bisa berkurang dari Rp37 miliar menjadi sekitar Rp15 miliar. UHC merupakan cakupan kepesertaan Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN.

"Dalam program ini, warga bisa mendapat pelayanan kesehatan di seluruh rumah sakit dan fasilitas kesehatan hanya dengan membawa KTP," jelasnya.