Pemko Pekanbaru Minta TPS Daerah Terpencil Diprioritaskan

Pemko Pekanbaru Minta TPS Daerah Terpencil Diprioritaskan

30 Januari 2024
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru meminta tempat pemungutan suara (TPS) daerah terpencil diprioritaskan dari segala hal. Salah satu contoh prioritas itu adalah surat suara dipisahkan dari TPS lain. 

"Kami merupakan pendukung utama agar terselenggara Pemilu. Pelaksananya adalah KPU Pekanbaru," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (30/1/2024). 

Dukungan itu diberikan dalam bentuk anggaran dan kebijakan. Diharapkan, Pemilu ini terselenggara dengan Langsung Umum Bebas Rahasia (LUBER). 

"Semua orang berhak memberikan hak suaranya," ujar Indra Pomi. 

Dalam pelaksanaan Pemilu nanti, ada empat hal yang akan diantisipasi Polresta Pekanbaru. Hal yang perlu diantisipasi adalah TPS di daerah rawan banjir, TPS di daerah perbatasan, TPS khusus di Lapas, dan TPS daerah terpencil. 

"Banyak juga pihak menyampaikan pendapat bahwa masih ada pemilih tambahan yang mendaftar. Mereka itu ada yang baru pindah tugas atau bebas dari tahanan," ungkap Indra Pomi.

Kemudian, posko juga akan dibangun. Supaya, Forkopimda mudah dalam pengendalian pelaksanaan Pemilu. Posko ini dibuat secara mobile akan membahas permasalahan selama Pemilu. 

"Permasalahan paling penting adalah TPS wilayah terpencil yang minta diprioritaskan. Surat suara jangan dicampur dengan TPS lain, supaya sampai ditujuan dengan baik," jelas Indra Pomi.