Pemko Pekanbaru Usul Ke Pemprov Riau Tinggikan Jalan Sudirman di Rumbai

Pemko Pekanbaru Usul Ke Pemprov Riau Tinggikan Jalan Sudirman di Rumbai

16 Januari 2024
Banjir luapan sungai Siak di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Foto: Surya/Riau1.

Banjir luapan sungai Siak di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Jalan Jenderal Sudirman sering dilanda banjir di wilayah Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai. Pemko Pekanbaru mengusulkan ke Pemprov Riau agar jalan tersebut ditinggikan satu meter. 

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (16/1/2024), mengatakan, salah satu titik banjir di Pekanbaru itu adalah Jalan Jenderal Sudirman di Kelurahan Meranti Pandak. Dari sisi elevasi, jalan itu berada di bawah permukaan sungai Siak

"Solusinya adalah meninggikan badan jalan. Badan jalan itu harus dinaikkan satu meter," ujarnya. 

Sehingga, badan Jalan Jenderal Sudirman tak terganggu banjir. Secara topografi, tinggi badan Jalan Jenderal Sudirman hanya antara 20 hingga 50 sentimeter dari permukaan sungai Siak

Sehingga ketika terjadi pasang diiringi dengan hujan intensitas tinggi, Jalan Jenderal Sudirman pasti terendam. Salah satu cara lain adalah program Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR). 

"Mereka akan membangun tanggul dan pintu air di parit Belanda," ungkap Indra Pomi. 

Pemerintah pusat akan membangun tanggul di sepanjang sungai Siak. Diharapkan, tanggul ini terwujud beberapa tahun depan. 

"Karena Jalan Jenderal Sudirman itu kewenangan Pemprov Riau, kami sudah menyampaikan ke gubernur Riau. Kami menyarankan agar meninggikan badan jalan di setelah Jembatan Siak IV itu," ucap Indra Pomi.