Pemko Pekanbaru Waspadai Kenaikan Harga Beras Jelang Lebaran

Pemko Pekanbaru Waspadai Kenaikan Harga Beras Jelang Lebaran

26 Maret 2024
Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru mengantisipasi kenaikan beberapa komoditas pangan. Harga beras, daging ayam ras, dan telur ayam ras, masih menjadi sorotan. 

"Beberapa hari sebelum Lebaran, harga tiket pesawat juga akan naik. Biaya transportasi juga akan naik karena kenaikan tarif tol. Tapi, pengaruh terbesar itu masih pada beras," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (26/3/2024). 

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru menjalani kerja sama dengan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kampar, Kamis (15/2/2024). Salah satu yang dikerjasamakan adalah saling pinjam alat tera dan pengawasan bersama. 

"Ada beberapa hal yang kami kerjasamakan dalam bidang perdagangan. Kami bekerja sama dengan Pemkab Kampar dalam upaya pengendalian inflasi dan menjamin ketersediaan bahan pokok dari daerah penghasil," kata Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Kamis. 

Sekitar 85 persen pasokan ayam potong didatangkan dari daerah Kabupaten Kampar dan Pelalawan. Dengan adanya kerja sama ini diharapkan bisa saling berkomunikasi dan menjamin ketersediaan pasokan. 

"Dari informasi yang kami dapat dari pedagang, pasokan ayam terdapat di Kampar. Dengan kerja sama ini, saya harap bisa lakukan pengawasan sampai ke hulu," ucap Ami, sapaan akrabnya. 

Disperindag juga mengantisipasi lonjakan harga jelang Ramadan dan Hari Raya Idulfitri. Karena, Pekanbaru bukan daerah penghasil.