Pipa IPAL Pekanbaru Telah Dipasang di 4 Kecamatan dan 18 Kelurahan

Pipa IPAL Pekanbaru Telah Dipasang di 4 Kecamatan dan 18 Kelurahan

15 April 2024
Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Jaringan perpipaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) telah dipasang di 4 kecamatan dan 18 kelurahan. Panjang jarinnyan pipa IPAL ini sekitar 50 Kilometer.

"Dalam kesehariannya, manusia akan selalu menghasilkan air limbah dari aktivitas sehari-hari, mulai dari mandi, memasak, mencuci piring, menyiram tanaman, hingga buang air. Oleh karena itu, dibutuhkan IPAL sebagai solusi sarana dan prasarana pengolahan air limbah," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dah Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru Edward Riansyah, Senin (15/4/2024).

Pada dasarnya, IPAL adalah suatu sistem pengolahan air limbah. IPAL bertujuan untuk menghilangkan kontaminan dari air limbah sebelum air tersebut dibuang ke lingkungan.

"Manfaat IPAL yaitu lingkungan sekitar rumah lebih bersih dan sehat. Got atau selokan bebas dari air limbah rumah tangga dan bau tidak sedap," ungkap Edu, sapaan akrabnya.

Tikus, nyamuk, lalat dan serangga sumber penyakit lainnya berkurang. Harga rumah dan tanah naik

"Tidak perlu menguras tangki septik," ucap Edu.

Wilayah lingkup layanan Pekanbaru Sewerage System merupakan bagian wilayah dari 4 kecamatan dan 18 kelurahan. Jaringan perpipaan air limbah telah dipasang sepanjang 50.000 meter.