Relokasi Pedagang Pasar Bawah Pekanbaru ke Pelabuhan Pelindo Dibahas Tripartit

Relokasi Pedagang Pasar Bawah Pekanbaru ke Pelabuhan Pelindo Dibahas Tripartit

25 Juli 2023
Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pedagang Pasar Bawah akan direlokasi ke Pelabuhan Pelindo untuk sementara. PT Pelindo ingin rencana pemindahan pedagang itu melibatkan PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) dan Pemko Pekanbaru. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (25/7/2023), mengatakan, pedagang Pasar Bawah direncanakan direlokasi ke Pelabuhan Pelindo. Sebenarnya, setelah Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) ditandatangani, pengelolaan Pasar Bawah menjadi tanggung jawab PT AAS. Namun dalam kerja sama penggunaan lahan pelabuhan, pihak Pelindo meminta pembahasan Tripartit (tiga pihak), PT AAS dan Pemko. 

"Kami sudah rapatkan dengan Asisten II. Dalam rapat itu, hadir pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan PT Pelindo. Sebenarnya, mereka tak keberatan. Hanya saja, mereka menunggu persetujuan dari kantor pusat," ujarnya. 

Para pedagang harus direlokasi sementara. Karena, Pasar Bawah itu akan direnovasi.

Untuk diketahui, KSP antara Pemko Pekanbaru dengan PT AAS telah ditandatangani pada 12 April 2023. KSP ini berlaku selama 30 tahun. 

Dari kerja sama ini, ada dua hal yang penting supaya tidak timbul kesalahpahaman. Pemko Pekanbaru mendapat dua pendapatan dari kerja sama ini. 

Pertama, kontribusi tetap yang harus dibayar oleh PT AAS kepada Pemko Pekanbaru sebesar Rp677 juta pada tahun pertama. Nilai kontribusi ini naik 3 persen setiap tahun hingga masa kontrak 30 tahun.

Dari pengelolaan gedung ini, Pemko Pekanbaru mendapat bagi hasil sebesar 63,51 persen setiap tahun. Dana bagi hasil ini masuk ke kas daerah Pemko Pekanbaru. 

Pendapatan daerah ini digunakan untuk pelayanan masyarakat. Saat proses renovasi nanti, para pedagang akan direlokasi sementara hingga bangunan selesai ke Pelabuhan Pelindo.