Pengelolaan SIGA Pemko Dumai Terbaik di Riau

Pengelolaan SIGA Pemko Dumai Terbaik di Riau

3 April 2024
Sekdako Dumai usai terima penghargaan SIGA

Sekdako Dumai usai terima penghargaan SIGA

RIAU1.COM - Penghargaan terbaik pertama sebagai pengelola Sistem Informasi Keluarga (SIGA) tingkat Provinsi Riau tahun 2023 berhasil diraih Pemerintah Kota (Pemko) Dumai.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Utama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, Tavip Agus Rayanto dan diterima langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan saat menghadiri kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana & Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Riau.

Pada penyerahan penghargaan, Tavip Agus Rayanto didampingi Pj. Gubernur Riau SF Hariyanto dan Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia.

Sekda Kota Dumai H. Indra Gunawan mengungkapkan rasa syukur atas perolehan prestasi yang membanggakan tersebut.

"Alhamdulillah, capaian yang kita raih ini merupakan buah keberhasilan yang tak lepas dari sinergi Pemerintah Kota Dumai melalui DPPKB bersama lintas sektoral guna mendukung program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting yang diinisiasi BKKBN," kata dia.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Dumai, Leni Ramaini berharap dengan prestasi terbut, Pemko Dumai dapat terus meningkatkan kualitas penyediaan data dan pengelolaan SIGA untuk kepentingan publik.

"Semoga penghargaan ini jadi penyemangat dan motivasi bagi kita untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pengelolaan SIGA, serta lebih meningkatkan sumber daya manusia untuk menjadi operator di bidang pengelola data SIGA, sehingga data SIGA yang dihasilkan kedepannya dijangkau secara meluas dan lebih optimal dalam pemanfaatannya,"tutur dia.*

Untuk diketahui, SIGA merupakan satu sistem yang mengintegrasikan sistem informasi kependudukan dengan Basis Data Keluarga Indonesia sesuai standar data dan metadata.

BKKBN mengembangkan aplikasi Siga sebagai landasan pelaksanaan tugas dan fungsi terhadap program Bangga Kencana, Keluarga Berencana (KB), stunting, dan program pembangunan lainnya.*