Instruksi Gubernur Sumbar: Aturan Perizinan Segera Dipangkas

Instruksi Gubernur Sumbar: Aturan Perizinan Segera Dipangkas

28 Februari 2023
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah

RIAU1.COM - Berbagai persoalan perizinan diminta Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah segera dibenahi. Selama ini menurut Mahyeldi, yang kerap menjadi masalah adalah lamban dan ruwetnya proses perizinan.

Penyebabnya, menurut Gubernur ketika membuka rapat koordinasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sumbar, banyaknya regulasi dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon investor atau pengushan yang akan mengurus perizinan.

“Saya minta, aturan perizinan dapat segera dipangkas, disederhanakan. Tentunya sesuai dengan kewenangan kita di daerah. Agar ada percepatan dan kemudahan bagi dunia usaha untuk bergerak, berinvestasi. Sehingga dapat membuka lapangan kerja,” kata gubernur Senin (27/2/2023) seperti dimuat Padangkita.

Ia menambahkan, adanya investasi yang masuk tentu akan berdampak positif bagi laju pertumbuhan ekonomi Sumbar bahkan nasional. Itu yang menjadi harapan saat ini.

“Kita harus benahi perizinan, tidak boleh lambat, tidak boleh memperlambat dan jangan menghambat. Untuk sesuatu yang baik harus disegerakan,” tegasnya.*