Ternyata Puluhan TPS di Pesisir Selatan Berada di Area Blank Spot

Ternyata Puluhan TPS di Pesisir Selatan Berada di Area Blank Spot

29 Januari 2024
Ilustrasi/Jawapos.com

Ilustrasi/Jawapos.com

RIAU1.COM - Terdapat sebanyak 39 titik tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat (Sumbar) berada di area tidak ada sinyal alias blank spot.

TPS tanpa sinyal ditemukan dari hasil monitoring jajaran Polres Pesisir Selatan dalam memantau TPS rawan dan terisolir di wilayah hukum Polres Pessel.

Hal tersebut diungkapkan, Kabag Ops Polres Pessel Kompol. Allan Budi Kusuma Katinusa saat melakukan koordinasi dan silaturahmi bersama Diskominfo Pessel beberapa waktu lalu.

“Bersama Pak Kapolres, kami lakukan giat ke lapangan, dan ditemukan 39 titik rencana lokasi tempat pemungutan suara (TPS), tidak ada jaringan internet, sehingga ini perlu dicarikan solusi” ujar Allan Budi Kusuma Katinusa yang dimuat Katasumbar.

Ia menjelaskan, temuan sejumlah TPS yang berada di area blank spot tersebut, ditemukan dari hasil monitoring lapangan dilakukan Polres Pessel.

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya gangguan dalam proses pemungutan suara, maka perlu ada solusinya. Sehingga tidak mengganggu proses pemungutan suara.

“Semoga dengan adanya koordinasi dan pertemuan ini bisa ada solusinya,” sebut Kabag Ops.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Pessel, Wendi mengapresiasi gerak cepat Polres Pessel dalam menemukan sejumlah TPS yang terpantau berada di area blank spot tersebut.

“Area lemah sinyal atau tidak ada jaringan sama sekali. Data yang disampaikan Pak Kabag Ops hampir persis sama dengan data Kominfo,” terangnya.

Dia menjelaskan, sejumlah area yang masih belum terjangkau koneksi internet tersebut sudah diusulkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. Namun masih menunggu tindak lanjut.

“Artinya, memang terkait area TPS yang blank spot tersebut bisa memanfaatkan internet nagari yang ada, walau agak jauh dari lokasi TPS dimaksud,” sebut dia.*