Indonesia Mencatat Deflasi Sekitar 0,05 Persen Pada Bulan Agustus 2018

Indonesia Mencatat Deflasi Sekitar 0,05 Persen Pada Bulan Agustus 2018

3 September 2018
Kepala BPS Suhariyanto

Kepala BPS Suhariyanto

Riau1.com -  Indonesia mencatat deflasi 0,05 persen pada bulan Agustus di akibat penurunan harga bahan makanan, sedangkan awal tahun sekolah mengakibatkan inflasi dalam kategori belanja pendidikan, Statistik Indonesia (BPS) mengumumkan pada hari Senin.

Deflasi bulan Agustus kontras dengan inflasi 0,28 persen yang tercatat di bulan sebelumnya. Angka terakhir membawa inflasi year-to-date (ytd) ke 2,13 persen, sedangkan inflasi year-on-year (yoy) pada Agustus tercatat sebesar 3,2 persen.

Deflasi pada Agustus menyamai deflasi 0,07 persen dan deflasi 0,02 persen pada periode yang sama di tahun 2017 dan 2016.

Pemerintah telah menargetkan inflasi untuk berkisar antara 2,5 dan 4,5 persen tahun ini.

"Deflasi bulan Agustus dipengaruhi oleh penurunan harga telur ayam dan bawang merah, serta tingkat penerbangan," kata Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Senin.

Penurunan harga dalam tingkat penerbangan berkontribusi pada deflasi 0,15 persen dalam transportasi, komunikasi dan jasa keuangan pada bulan Agustus.

Pada bulan yang sama, ada kenaikan harga di sektor pendidikan dan inflasi sebesar 1,03 persen dalam kategori pendidikan, rekreasi dan olahraga.

Inflasi tercatat dalam biaya sekolah di sekolah dasar dan sekolah menengah.

Inflasi inti berada pada 0,3 persen bulan lalu, sementara administered prices menurun sebesar 0,06 persen dan harga volatile sebesar 1,24 persen.

 

 

 

 

R1/par