Rabu, 05 Agustus 2020

PEKANBARU

Wali Kota Pekanbaru Perintahkan Dinkes Lacak Warga yang Tertular Corona di Sekitar Kediaman Para Tenaga Medis

news24xx


Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1. Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru telah diperintahkan untuk melacak warga yang tinggal di sekitar kediaman tenaga medis yang positif corona. Pasalnya, para tenaga medis rumah sakit pemerintah dan swasta itu merupakan orang tanpa gejala (OTG) dengan imunitas yang kuat.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Minggu (2/8/2020), mengatakan, pandemi virus corona ini tidak diketahui berakhirnya. Sementara, perekonomian sudah hancur lebur. 

"Kalau kita terus menutup diri, maka perekonomian akan lebih parah lagi. Maka dicarilah rumusannya yang disebut dengan adaptasi kebiasaan baru," ujarnya.

Baca Juga: Pegawai Samsat Rumbai, Istirahat Melebihi Waktu yang Ditentukan

www.jualbuy.com

Artinya, warga Pekanbaru harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru agar terhindari dari virus corona. Kebiasaan baru itu adalah mengenakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak. 

"Ini wajib," imbuhnya.

Firdaus menyebutkan, Pemko Pekanbaru telah melakukan antisipasi dalam memutus mata rantai pandemi corona. Dinkes sudah diperintahkan agar melakukan pelacakan kontak, tak hanya keluarga inti tenaga medis, tetapi juga lingkungannya.

Baca Juga: Tak Patuh Protokol Kesehatan, Pegawai Samsat Rumbai Banyak Tak Gunakan Masker

"Apalagi, ada yang aktif di sosial kemasyarakatan seperti rumah ibadah," ucapnya.

Lebih 80 persen penyebar virus corona adalah OTG. Dimana, OTG ini sebenarnya sudah tertular.

"Karena fisiknya kuat dan imunitasnya tinggi, dia tak mengalami gejala apa-apa. Tetapi orang yang bersentuhan dengan OTG, imunitasnya lemah, maka akan terjangkit corona," sebut Firdaus.





loading...
Loading...