2 Mobil Damkar Disiagakan di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya

2 Mobil Damkar Disiagakan di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya

30 Juni 2021
Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Pekanbaru Burhan Gurning. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Pekanbaru Burhan Gurning. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dua mobil pemadam kebakaran (damkar) akan disiagakan di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. Hal ini guna mengantisipasi kebakaran mengingat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah berkantor di kompleks tersebut. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Burhan Gurning, Rabu (30/6/2021), mengatakan, ia akan menempatkan dua mobil damkar di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. Saat ini, mobil damkar tidak ada ada disiagakan di lokasi itu. 

"Kami memiliki delapan pos mobil damkar di beberapa kecamatan. Pos mobil damkar ini guna mempercepat proses pemadaman api jika terjadi kebakaran," ujarnya. 

DPKP memiliki 17 unit mobil damkar saat ini. Beberapa mobil damkar ditempatkan di delapan pos di beberapa kecamatan. 

Delapan pos pemadam kebakaran terdapat di Kecamatan Rumbai Kecamatan Sail, Terminal Bandar Raya Payung Sekaki, Kecamatan Binawidya Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Marpoyan Damai. Sisanya, mobil damkar itu di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DKPP) di Jalan Cempaka. 

Seharusnya, setiap kecamatan harus ada mobil damkar. Supaya, lokasi kebakaran bisa dikejar dalam 15 menit.

"Karena, pelayanan standar wajib diberikan pemerintah kepada masyarakatnya," ungkap Burhan.

Idealnya, mobil damkar sebanyak 30 unit di Kota Pekanbaru. Hitungan itu berdasarkan dengan jumlah penduduk 1,2 juta jiwa.