Diskominfotiksan Pekanbaru Ciptakan Aplikasi Laporan Kinerja Pegawai

Diskominfotiksan Pekanbaru Ciptakan Aplikasi Laporan Kinerja Pegawai

26 September 2021
Kepala Diskominfotiksan Pekanbaru Firmansyah Eka Putra. Foto: Surya/Riau1.

Kepala Diskominfotiksan Pekanbaru Firmansyah Eka Putra. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru membangun aplikasi kinerja pegawai yang diberi nama KEPO. Aplikasi KEPO ini mampu menangani permasalahan tentang pelaporan kinerja pegawai. 

"Aplikasi ini sebagai bentuk inovasi daerah. Inovasi yang kami buat ini untuk tata kelola pemerintah daerah dalam urusan kepegawaian," kata Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra, Minggu (26/9/2021). 

Aplikasi ini dirancang untuk pelaporan kinerja pegawai. Agar, capaian atau hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dapat diketahui.

"Aplikasi ini bertujuan membuat tugas kinerja pegawai, memberi tugas kinerja bawahan, membuat laporan kinerja harian, bulanan, dan tahunan," jelas Eka.

Dengan aplikasi ini, pegawai juga dapat meminta tugas atau kinerja kepada atasan. Begitupun atasan, dapat memberikan tugas atau kinerja kepada bawahannya. 

Setelah diberikan tugas, pegawai melalukan kinerja dan melaporkan kinerja tersebut ke atasannya. Laporan kinerja berupa foto dan file yang bisa diupload melalui aplikasi tersebut. 

"Dengan adanya aplikasi KEPO ini, semua kinerja pegawai dapat terdata dengan baik. Sehingga, kinerja pegawai terakomodir dengan baik dan efektif serta efesien dalam bekerja. Aplikasi ini menggunakan sistem android," ucap Eka.