Rencana Pembangunan Jembatan Siak V Pekanbaru Dibahas Bappenas

Rencana Pembangunan Jembatan Siak V Pekanbaru Dibahas Bappenas

6 Februari 2024
Koordinator Sumatera Direktorat Regional I Kedeputian Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Bintang Wananda. Foto: Istimewa.

Koordinator Sumatera Direktorat Regional I Kedeputian Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Bintang Wananda. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru pernah bercita-cita membangun Jembatan Siak V. Jembatan ini menghubungkan Kecamatan Tenayan Raya dengan Kecamatan Rumbai Timur. 

"Jembatan Siak V itu satu paket dengan jalan lingkar. Butuh dukungan pemerintah pusat," kata Koordinator Sumatera Direktorat Regional I Kedeputian Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Bintang Wananda dalam Forum Konsultasi Publik Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 di Hotel Grand Central Pekanbaru, Senin (5/2/2024). 
Diberitakan sebelumnya, Pemko Pekanbaru akan membangun jalan lingkar luar (Outer Ring Road) dan Jembatan Siak V. Namun, pembangunan jalan lingkar luar sepanjang 43 Kilometer (Km) membutuhkan dana yang sangat besar.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution di Ruang Rapat Auditorium Menara Lancang Kuning, kantor gubernur Riau, Selasa (16/5/2023), mengatakan, panjang jalan lingkar luar itu sekitar 43 Km. Hanya sekitar 1,5 Km yang belum diselesaikan konsolidasi tanah (penguasaan tanah).

"Saat ini, kami tidak bisa melanjutkan jalan lingkar luar itu. Kami sedang berupaya menggunakan pembiayaan-pembiayaan lain melalui APBN maupun bantuan luar negeri," ujarnya.

Di jalan lingkar luar itu, pemko juga akan membangun Jembatan Siak V dengan panjang 1,35 Km. Pembangunan jembatan ini butuh anggaran besar.

Sebenarnya, detail gambar kerja (DED) jembatan ini sudah dibuat pada 2012 silam. Saat itu, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun Jembatan Siak V sekitar Rp400 miliar. Dengan kenaikan harga dari tahun ke tahun, diperkirakan anggaran yang dibutuhkan Jembatan Siak V sekitar Rp600 miliar saat ini.

Loading...

"Makanya, kami butuh dukungan dari gubernur Riau dan Kemen PUPR," ucap Indra Pomi. Jalan lingkar luar ini menghubungkan pintu Tol Pekanbaru-Dumai ke pintu Tol Pekanbaru-Jambi," jelas Indra Pomi.

Rute jalan lingkar luar itu mulai dari pintu Tol Pekanbaru-Dumai di Kecamatan Rumbai, terus ke Kelurahan Tebing Tinggi Okura di Rumbai Timur, menyeberang Jembatan Siak V (masih perencanaan) ke Kecamatan Tenayan Raya dengan melintas di depan Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. Setelah, jalan lingkar luar ini lanjut ke Kecamatan Kulim hingga ke perbatasan Kabupaten Kampar (sekitar Kecamatan Siak Hulu).

"Jadi, panjang jalan lingkar luar itu mencapai 43 Km. Sebagian besar, badan jalan sudah dibangun atau dirigid (dibeton)," ucap Indra Pomi.