Berikut Rincian Jumlah Calon Jemaah Haji Riau Setiap Kabupaten Kota

Berikut Rincian Jumlah Calon Jemaah Haji Riau Setiap Kabupaten Kota

14 Mei 2023
Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, di jalan Mekar Sari Pekanbaru

Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, di jalan Mekar Sari Pekanbaru

RIAU1.COM - Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau akan memberangkatkan 4.960 orang jemaah haji dari 12 kabupaten/kota se Provinsi Riau pada penyelenggaraan ibadah Haji 1444 H / 2023 M.

Berdasarkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau yang juga Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) EHA Riau Mahyudin, mengatakan Embarkasi Haji Antara Riau akan memberangkatkan 13 Kloter jemaah haji penuh dan 1 kloter gabungan.

"Mulai 23 Mei 2023 Embarkasi Haji Antara Riau akan menerima kedatangan jemaah haji kloter pertama EHA atau kloter 02 BTH. Jemaah akan diterima di ruang aula kedatangan untuk dilakukan prosesi penerimaan dan menerima perlengkapan. Mulai dari cek kesehatan, gelang identitas, living cost, kamar, dan pembinaan manasik haji,"ungkapnya, Minggu (14/5/2023).

Setelah diinapkan satu hari, jemaah haji Riau akan diberangkatkan ke Bandara Hangnadim Batam untuk selanjutnya berangkat menuju Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz-Madinah. 

"Jemaah haji akan menginap dahulu di Asrama Antara Riau, setelah itu baru diberangkatkan ke Batam. Untuk jemaah kloter pertama EHA atau kloter 02 BTH akan menuji Madinah pada tanggal 24 Mei pukul 17.40 Wib,"tambahnya. 

Dikarenakan tahun ini mengambil tema berkeadilan dan ramah lansia, Mahyudin berpesan kepada Panitia untuk mengutamakan layanan kepada para lansia. 

"Saya minta kepada panitia untuk ekstra memberikan layanan kepada jemaah lansia. Dahulukan proses jemaah lansia agar mereka segera dapat beristirahat untuk persiapan keberangkatan keesokan harinya. sebagaimana penekanan Menteri Agama bahwa tema haji tahun ini haji berkeadilan dan ramah lansia,"harapnya. 

Adapun jemaah haji yang dijadwalkan berangkat pada tahun 1444 H / 2023 M asal Kota Pekanbaru berjumlah 818 Orang, Kampar berjumlah 818 Orang, Bengkalis berjumlah 394 orang, Indragiri Hulu berjumlah 218 orang, Indragiri Hilir berjumlah 781 orang, Kota Dumai berjumlah 141 orang, Rokan Hulu berjumlah 404 orang, Pelalawan berjumlah 402 orang, Kuantan Singingi berjumlah 243 orang, Siak berjumlah 203 Orang, Rokan Hilir berjumlah 282 orang, Kepulauan Meranti berjumlah 154 Orang, KBIHU berjumlah 1 orang dan PHD berjumlah 33 Orang.*