Politeknik Transportasi Darat Indonesia Sediakan Kuota Khusus untuk Anak Kabupaten Siak

Politeknik Transportasi Darat Indonesia Sediakan Kuota Khusus untuk Anak Kabupaten Siak

3 Februari 2024
Sekdakan Siak, Arfan Usman di Politeknik Transportasi Darat Indonesia

Sekdakan Siak, Arfan Usman di Politeknik Transportasi Darat Indonesia

RIAU1.COM - Rapat koordinasi pembahasan program kerjasama, pola pembibitan pendidikan tinggi vokasi dengan Pemerintah Daerah di Sekolah Tinggi/Politeknik/Akademi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan tahun 2024 turut diikuti Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Siak, Arfan Usman.

Rakor tersebut, guna melihat perjanjian kerjasama yang sudah terjalin antara Pemerintah Kabupaten Siak dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD tentang pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia di bidang perhubungan darat.

Arfan Usman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Siak telah melaksanakan perjanjian kerjasama antara Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

“Alhamdulillah, kita bisa hadir pada rakor ini, rakor ini sangat penting bagaimana kita menyiapkan SDM anak-anak kita di bidang transportasi darat, laut dan udara. Karena itu, kita kerjasama dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD,” ujar Arfan.

Lanjutnya, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan menyediakan kuota untuk kabupaten Siak. Agar anak-anak kabupaten Siak yang lulus dengan nilai terbaik, serta mengikuti tes bisa melanjutkan jenjang perkuliahan disini.

“Untuk saat ini, ada 9 orang anak Siak yang sedang melaksanakan pendidikan, diantaranya 6 orang pada program studi D-IV Transportasi Darat, dan 3 orang pada program studi D-III Manajemen Transportasi Jalan”, jelas Arfan.

Arfan juga menambahkan, untuk tahun 2025, dari hasil Perjanjian Kerjasama (PK) antara Pemerintah Kabupaten Siak dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD. Pemerintah Kabupaten Siak masih mempunyai sisa kuota yakni 14 orang untuk sejumlah Formasi pada Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

“Formasi untuk sisa kuota perjanjian kerjasama tersebut antara lain, Formasi nya 9 Formasi D-IV Transportasi Darat, 3 Formasi D-IV TRO dan 2 Formasi D-III MTJ," ucap Sekda Siak itu.