Disdikbud Respons Perudungan Pelajar SMP di Agam

Disdikbud Respons Perudungan Pelajar SMP di Agam

25 Oktober 2023
Ilustrasi/Net

Ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Beredar video perundungan pelajar di salah satu SMP di Agam Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam, Isra, membenarkan pelaku dalam video tersebut merupakan salah satu siswa di salah satu SMPN di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

“Benar itu siswa kita. Kejadiannya Senin (23/10-red). Kita terhenyak. Sangat kita sayangkan,” ujar Isra yang dimuat Hariansinggalang.

Menurut Isra, berbagai pihak mulai dari aparat Polres Agam, unsur Disdikbud Agam, aparat Polsek Lubuk Basung, walinagari, bamus, ninik mamak, dan pihak sekolah bergerak cepat guna menyelesaikan persoalan tersebut.

Terkait kronologis kejadian, menurut Isra, berdasarkan laporan tim pada Senin korban pulang dengan berjalan kaki melewati perkebunan masyarakat. Di tengah jalan ada sekelompok siswa lagi duduk di pinggir kebun jagung masyarakat. 

Salah satu diantara mereka lalu memanggil korban agar menurunkan tasnya untuk melayani salah seorang temannya untuk berantem. Korban tidak mengindahkan, dan terus berjalan, lalu salah saeorang siswa memegani korban dan mendorong-dongnya sembari memanas-manasi pelaku. Sampai akhirnya terjadi seperti yang ada di video. Sesampai di rumah, korban tidak menceritakan hal ini kepada orangtuanya.

“Kejadian tersebut baru diketahui pihak keluarga dari video yang tersebar luas,” sebut Isra.

“Kita berharap ini menjadi kejadian terakhir,” Isra mengakhiri.*