Padang Panjang Jadi Daerah Tersepi di Sumatera Barat

Padang Panjang Jadi Daerah Tersepi di Sumatera Barat

2 Desember 2023
Pintu gerbang memasuki Kota Padang Panjang/Kompas

Pintu gerbang memasuki Kota Padang Panjang/Kompas

RIAU1.COM - Jika dilihat dari jumlah penduduk, maka Kota Padang Panjang menjadi daerah tersepi di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar rilis 30 November 2023 lalu yang dimuat Katasumbar, jumlah penduduk Padang Panjang kurang dari 100 ribu jiwa.

Rnciannya yakni, jumlah penduduk Kota Serambi Mekah itu per November 2023 hanya 56 ribu jiwa.

Dengan jumlah tersebut, terbilang menurun jika dibandingkan data tahun 2021 yang mana jumlah penduduknya mencapai 59 ribu jiwa lebih.

Angka tersebut hanya 1,02 persen dari jumlah penduduk Sumbar yang mencapai 5,76 juta jiwa.

Sementara daerah terpadat di Sumbar pada tahun 2023 ini yakni Kota Padang, yang mana di kawasan tersebut, penduduknya mencapai 943 ribu jiwa.

Jumlah tersebut sama dengan 16,38 persen dari total keseluruhan jumlah penduduk Sumbar yang meningkat 1,41 persen dari tahun 2022 lalu.

Adapun menurut analisa BPS, perbandingan jumlah penduduk di kedua kota itu terjadi akibat tidak meratanya penyebaran penduduk.

“Penduduk Provinsi Sumatera Barat tersebar secara tidak merata di seluruh kabupaten/kota yang ada,” demikian keterangan BPS Sumbar yang dikutip dari laporan Indikator Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumbar 2023.

Diketahui, Padang Panjang memang menjadi salah satu kota dengan luas terkecil di Sumatera Barat.*