Perlombaan TTG di Dumai: Kulkas Tanpa Listrik hingga Mesin Pembersih Lidi Sawit

Perlombaan TTG di Dumai: Kulkas Tanpa Listrik hingga Mesin Pembersih Lidi Sawit

29 Februari 2024
Pemko Dumai gelar lomba teknologi tepat guna

Pemko Dumai gelar lomba teknologi tepat guna

RIAU1.COM - Perlombaan teknologi tepat guna (TTG) digelar di Kota Dumai dan diikuti oleh siswa-siswi SMP, SMA serta masyarakat umum. 

Berbagai inovasi TTG ditampilkan pada kesempatan ini, mulai dari siswa siswi SMP Negeri 2 Dumai yang membawa TTG berupa kulkas tanpa listrik, tong sampah otomatis serta komposter. Lalu ada perwakilan masyarakat Kelurahan Tanjung Penyembal turut mempertontonkan TTG mesin pembersih lidi sawit. 

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Setdako H. Yusrizal, dia menyampaikan bahwa Pemko Dumai mendukung segala inovasi dan riset yang dilakukan oleh masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan dibentuknya OPD baru yakni Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA). 

“Kita ingin inovasi pada hal TTG ini nantinya bisa dikembangkan, disebarluaskan, dipatenkan dan dimanfaatkan untuk kepenting masyarakat. Kita berharap hal ini memberikan nilai positif untuk pergerakan ekonomi kita kedepan,” ujar H. Yusrizal. 

Setiap peserta terlebih dahulu memaparkan fungsi serta komponen dari alat yang dikembangkannya. Setelahnya baru dilaksanakan praktek untuk melihat perkembangan TTG yang telah diproduksi.*