Kasus HIV di Tanjungpinang Paling Banyak Terjangkit pada Gay

Kasus HIV di Tanjungpinang Paling Banyak Terjangkit pada Gay

1 Desember 2022
ilustrasi/Net

ilustrasi/Net

RIAU1.COM - Berdasarkan data Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB) Kota Tanjungpinang tercatat kasus human immunodeficiency virus (HIV) sepanjang 2022 sebanyak 86 kasus.

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Dalduk KB Kota Tanjungpinang, Novi Herlina seperti dimuat Batampos menyampaikan, kasus HIV mengalami penurunan dibandingkan tahun 2021 yaitu sebanyak 100 kasus, diharapkan tidak ada lagi penambahan menjelang akhir 2022.

Paling banyak adalah kelompok resiko laki-laki yang menyukai sesama sebanyak 31 kasus, dibanding 2021 lalu jumlahnya lebih banyak mencapai 39 kasus. Kemudian wanita pekerja seks (WPS) yaitu 24 orang, namun tahun sebelumnya justru lebih sedikit yaitu 8 orang.

“Sementara untuk data pelanggan yang terkena HIV menurun dari 31 kasus di 2021 menjadi 18 kasus,” kata Novi Kamis (1/12/2022).

Screening kesehatan di tempat beresiko setiap tahunya selalu rutin dilaksanakan, Kata Novi pihaknya melakukan pemeriksaan di tempat hiburan, hotel dan tempat pijat sebagai langkah pencegahan.

Loading...

“Termasuk di sekolah-sekolah kita juga sudah lakukan sosialisasi, agar anak sekolah memahami dampak buruk dan cara menghindarinya,” sebutnya.

Virus tersebut, lanjut Novi mengatakan tidak dapat menular melalui kontak sosial seperti makan bersama ataupun menggunakan fasilitas umum bersama.

“Melalui program yang sudah dilaksanakan baik oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas maupun berkolaborasi dengan instansi atau lembaga lainnya yang peduli dalam penanganan masalah HIV/AIDS diharapkan bisa menekan kasus ini,” harapnya.*