615 Mahasiswa Terima Beasiswa dari Pemko Pekanbaru Tahun Lalu

615 Mahasiswa Terima Beasiswa dari Pemko Pekanbaru Tahun Lalu

15 Februari 2024
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Istimewa.

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Sebanyak 615 mahasiswa menerima beasiswa dari Pemko Pekanbaru pada tahn lalu. Beasiswa ini hanya bagi mahasiswa dari keluarga miskin dan berprestasi. 

"Hampir 700 orang mahasiswa kami sekolahkan dengan beasiswa. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Kamis (15/2/2024). 

Program beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa agar bisa lebih cerdas. Supaya, mahasiswa bisa menjadi pimpinan negeri ini. 

Diberitakan sebelumnya, Pemko Pekanbaru menyalurkan beasiswa tahap kedua akhir tahun ini. Ada 127 mahasiswa yang belum mendapat beasiswa dari rombongan sebanyak 615 orang. 

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Tri Sepna Saputra, Jumat (3/11/2023), mengatakan, penyaluran bantuan beasiswa itu masih menunggu proses penggunaan APBD Perubahan. 

"Sebelum akhir tahun ini sudah harus kami bayarkan. Karena anggarannya sudah tersedia di APBD-P," ucapnya. 

Bantuan beasiswa tahap dua merupakan bentuk komitmen Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun. Beasiswa ini guna membantu biaya pendidikan bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa dari keluarga miskin. 

"Dalam APBD murni tidak terakomodir semua. Makanya, mahasiswa yang belum mendapat beasiswa dimasukan ke APBD-P sesuai arahan Pj wali kota," jelas Putra. 

Berdasarkan hasil seleksi administrasi, dari 1.200 mahasiswa yang mendaftar, hanya 615 di antaranya yang memenuhi persyaratan. Dari 615 orang tersebut, beasiswa disalurkan kepada 488 orang. Sisanya, 127 orang dibayar di APBD-P.