Pemko Pekanbaru Peringati Harkitnas di Tenayan Raya

Pemko Pekanbaru Peringati Harkitnas di Tenayan Raya

20 Mei 2024
ASN Pemko Pekanbaru mengikuti upacara Harkitnas di lapangan Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (20/5/2024). Foto: Istimewa.

ASN Pemko Pekanbaru mengikuti upacara Harkitnas di lapangan Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (20/5/2024). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Pemko Pekanbaru memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di lapangan upacara Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Senin (20/5/2024). Harkitnas tahun ini mengangkat tema Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setia. Ia mengajak elemen masyarakat merayakan Kebangkitan Nasional Kedua Menuju Indonesia Emas.

"Hari-hari ini, kita dihadapkan pada suatu realitas yang terpampang terang yakni, kemajuan teknologi yang melesat cepat. Kita sudah memilih bukan hanya ikut serta. Tetapi lebih daripada itu, menjadi pemain penting agar dapat menggapai dunia," katanya. 

Dua dekade ke depan merupakan momen krusial yang akan sangat menentukan langkah dalam mewujudkan itu semua. Refleksi atas pilihan tersebut bisa dirujuk dengan “berkunjung kembali” kepada gagasan awal menjadikan dan membentuk Indonesia. 

"Sejarah telah membentuk kebangsaan kita. Sejarah diperlukan bukan karena sensasi politiknya. Juga bukan sebagai sumber keteladanan nilai semata-mata. Tetapi pada percakapan terus menerus tentang kemajuan, kemanusiaan dan kesejahteraan," sebut Indra Pomi. 

Keteladanan tidak harus diikatkan pada masa lalu. Namun, keteladan dapat dikaitkan dengan masa depan yaitu ide-ide yang membuka ruang imajinasi peradaban.

Lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo yang telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini," ucap Indra Pomi.