Rabu, 01 Desember 2021

SUMBAR

Cangkang Sawit Berserakan di Kota Padang, Berikut Kesepakatan Penyelesaian

news24xx


Cangkang sawit yang berserakan di kota Padang (Foto:Kabarminang.id) Cangkang sawit yang berserakan di kota Padang (Foto:Kabarminang.id)

RIAU1.COM - Masalah cangkang sawit yang sering berserakan di beberapa titik di jalan nasional disebut Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan segera diselesaikan.

Baca Juga: Fasilitasi Anggota Dewan dengan Tablet Telan Anggaran Rp800 Juta, Ini Alasan Sekretaris DPRD Padang Panjang



MH02 | Bea dan Cukai

www.jualbuy.com

Rapat khusus pembahasan terkait masalah tersebut digelar bersama pemangku kepentingan dan unsur terkait, Rabu (24/11/2021).

Wali Kota Padang Hendri Septa seperti dimuat Langgam.id mengatakan, cangkang sawit yang kerap berserakan telah menimbulkan banyak kerugian. Bahkan menimbulkan korban jiwa dari pengendara roda dua yang melintasi di sepanjang jalan tersebut.

“Hari ini alhamdulillah, kita bersama telah sepakat menyikapi permasalahan cangkang sawit yang kerap berserakan di sepanjang jalan nasional di Kota Padang,” katanya, Kamis (25/11/2021).

Dia berharap, jangan ada lagi cangkang sawit yang berserakan di jalan. Para pengusaha terkait pun telah menyetujui dan menyepakatinya. Ada lima poin kesepakatan dalam pertemuan bersama pengusaha angkutan umum barang yang membawa material cangkang sawit.
 
Poin pertama, terhitung per 25 November 2021 sepanjang Jalan Raya By Pass Kota Padang harus bersih dan bebas dari cangkang sawit yang berserakan. Poin kedua yakni teknis pengangkatan dilakukan dengan memuat secara datar. Sesuai dengan dimensi bak kendaraan dan ditutup rapat dengan terpal atau bahan sejenis supaya tidak terjadi penumpukan material cangkang sawit.

“Sementara pada poin ketiga yaitu, teknis kebersihan sepanjang Jalan Raya By Pass Kota Padang merupakan tanggung jawab perusahaan angkutan umum barang yang membasa material cangkang sawit,” ujarnya

Sementara poin keempat adalah perusahaan angkutan umum barang wajib mematuhi ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan dan kelas jalan.
 
Terakhir poin kelima ,disepakati bahwa apabila terjadi pelanggaran dan kesepakatan, maka Pemko Padang beserta Ditlantas Polda Sumbar, Polresta Padang, BPTD Wilayah III Sumbar, Dinas Perhubungan Sumbar dan Padang akan melakukan tindakan tegas sesuai dengan peraturan per undang-undangan yang berlaku.

“Kita harapkan seluruh pihak terkait sama-sama konsisten menjaga dan melakukan kelima poin kesepakatan yang sama-sama kita tandatangani hari ini,” ujarnya.

Dia mengatakan semua tahu dan merasakan, masalah cangkang sawit yang berserakan khususnya di Jalan Raya By Pass Kota Padang ini telah banyak membahayakan bagi pengendara roda dua bahkan sampai menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga: Berikut APBD Sumatera Barat 2022 yang Disepakati Gubernur dan DPRD

“Semoga dengan kesepkatan ini, hal tersebut tidak terjadi lagi dari saat ini dan ke depan,” tuturnya.*
 





loading...
Loading...