Pemkab Bengkalis Minta Semua Pihak Lindungi Hak Anak

Pemkab Bengkalis Minta Semua Pihak Lindungi Hak Anak

5 Mei 2024
Pawai Hari Anak Nasional di Bengkalis

Pawai Hari Anak Nasional di Bengkalis

RIAU1.COM - Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan H Bustami HY melepaskan pawai Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2024 akhir pekan ini.

Pawai Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, diikuti oleh 46 lembaga dengan jumlah peserta lebih kurang 2.000 orang.

Bustami mengatakan, anak-anak merupakan aset masa depan, karena anak-anakku semua adalah bibit generasi masa depan bangsa di daerah ini.

"Kami berpesan, teruslah belajar dengan giat, agar kelak anak-anak semua dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas, kreatif, mandiri, berprestasi dan berakhlak mulia, yang dapat membanggakan bangsa, daerah serta keluarga,"tuturnya.

Lalu dia mengajak untuk menumbuhkan keunggulan anak-anak, agar kedepannya mereka dapat terus tumbuh menjadi insan-insan yang cerdas, berkepribadian luhur, jujur, berakhlak mulia dan santun serta menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

"Sempena peringatan HAN ini, kami ingin menggugah setiap setiap individu, orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, termasuk kecamatan, kelurahan dan desa, untuk senantiasa memenuhi serta melindungi hak anak," pinta dia.

Selanjutnya, dia juga menyampaikan kita harus berupaya memberikan perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya dan perlakuan tanpa kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. hal ini selaras dengan amanat undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak.

Selain itu sambungnya lagi perlu sinergi semua pihak, mengingat banyak aspek yang harus kita perhatikan. Seperti aspek kesehatan, aspek keluarga, maupun aspek perilaku. 

"Melalui program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, pemerintah ingin kita merubah miskonsepsi di lapangan dan dapat menerapkan pembelajaran yang membangun kemampuan pondasi anak, serta pembelajaran bermakna menuju profil belajar siswa," papar dia.

Oleh karenanya Bustami berpesan kepada para guru PAUD agar anak-anak PAUD yang ada di negeri ini, mereka dididik dengan sepenuh hati, berikan mereka perhatian dan pengetahuan yang cukup, agar mereka juga bisa berkembang dan bersaing kedepannya.

“Kepada  seluruh orang tua dan segenap elemen masyarakat negeri junjungan, mari kita ciptakan suasana dan lingkungan kondusif untuk meningkatkan tumbuh kembang anak," ajaknya.*