Pasar Bawah Pekanbaru Segera Direnovasi Pengelola Baru

Pasar Bawah Pekanbaru Segera Direnovasi Pengelola Baru

15 Juni 2023
Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

Asisten II Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut. Foto: Surya/Riau1.

RIAU1.COM -Pasar Bawah segera direnovasi pengelola baru, PT Ali Akbar Sejahtera (AAS). Selama proses renovasi itu, para pedagang Pasar Bawah akan direlokasi di eks Pelabuhan Pelindo. 

"Kami berupaya membangun dan membenahi Pasar Bawah. Agar, Pasar Bawah menjadi ikon Kota Pekanbaru," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Kamis (15/6/2023). 

Dinamika pengelolaan Pasar Bawah ini terjadi hampir satu tahun. Namun,  cukup dinamika itu menjadi pembelajaran. 

"Hari ini, kita mulai tahapan baru yaitu renovasi bangunan Pasar Bawah dan lingkungan sekitarnya. Wajah Pasar Bawah yang baru telah didesain yang akan memberikan efek ekonomi yang lebih positif ke depannya," ucap Ingot. 

Untuk diketahui, Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) antara Pemko Pekanbaru dengan PT AAS telah ditandatangani pada 12 April 2023. KSP ini berlaku selama 30 tahun. 

"Dari kerja sama ini, ada dua hal yang penting supaya tidak timbul kesalahpahaman. Pemko Pekanbaru mendapat dua pendapatan dari kerja sama ini," jelas Ingot. 

Pertama, kontribusi tetap yang harus dibayar oleh PT AAS kepada Pemko Pekanbaru sebesar Rp677 juta pada tahun pertama. Nilai kontribusi ini naik 3 persen setiap tahun hingga masa kontrak 30 tahun.

"Dari pengelolaan gedung ini, Pemko Pekanbaru mendapat bagi hasil sebesar 63,51 persen setiap tahun. Dana bagi hasil ini masuk ke kas daerah Pemko Pekanbaru," sebut Ingot. 

Pendapatan daerah ini digunakan untuk pelayanan masyarakat. Saat proses renovasi nanti, para pedagang akan direlokasi sementara hingga bangunan selesai ke kawasan eks Pelabuhan Pelindo.