ASN Riau yang Berkinerja Baik Di Saat Pandemi, Diwacanakan Terima Penghargaan

ASN Riau yang Berkinerja Baik Di Saat Pandemi, Diwacanakan Terima Penghargaan

11 November 2020
Kantor Gubri

Kantor Gubri

RIAU1.COM - Dengan masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19, Gubernur Riau Syamsuar memandang perlu adanya inovasi baru untuk mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap berkinerja. Dan mempunyai disiplin serta tanggungjawab untuk dapat terus memberikan layanan kepada masyarakat.

"Kinerja ASN harus terukur dan disiplin harus terus terlihat, yang terpenting adalah harus ada penghargaan yang jelas bagi ASN yang berkinerja baik," kata Gubri Syamsuar di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa 10 November 2020.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemanfaatan teknologi mutlak diperlukan untuk mengukur kinerja ASN dengan pola kerja dirumah, yang mana saat ini pemerintah provinsi Riau telah menerapkan E-Kinerja dan menjadi salah satu daerah percontohan selain kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir.

"Mudah-mudahan kita bersama Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional Pekanbaru dapat bersinergi, sehingga pelaksanaan manajemen kinerja yang ada di provinsi Riau ini berjalan dengan baik," harapnya.

Syamsuar juga mengatakan bahwa penerapan dalam manajemen ASN adalah penerapan sistem Merit berdasarkan kualifikasi dan kopetensi, sistem Merit penerapannya telah diamanatkan dalam UU No 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Tujuan diterapkannya Sistem Merit adalah untuk memastikan jabatan pegawai yang ada di birokrasi pemerintah yang memenuhi persyaratan kualifikasi dan kompetensi. Dengan kata lain, Sistem Merit bertujuan untuk membangun bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur dan mewujudkan pegawai ASN yang professional, berintegritas, netral dan berkinerja tinggi," pungkasnya.