Selasa, 09 Agustus 2022

ROKAN-HULU

Persiapan Pilkades Serentak di Rohul Baru Capai 25 Persen

news24xx


Rapat persiapan Pilkades serentak di Rohul Rapat persiapan Pilkades serentak di Rohul

RIAU1.COM - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada 8 Desember 2022 mendatang, Panitia Tingkat Daerah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai mematangkan persiapan, baik dari segi regulasi, penganggaran maupun penyelenggaraan.

Baca Juga: Dilantik, Ini Nama-nama Pimpinan Baznas Rohul 2022-2027

Rapat koordinasi Pilkades serentak 2022 ini dipimpin langsung Bupati Rohul H. Sukiman, di aula Rumah Dinas Bupati, Jum’at (5/8/2022).

Bupati Rohul H. Sukiman dalam arahannya mengatakan, rapat koordinasi dengan panitia tingkat daerah terkait pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 ini bertujuan agar pelaksanaan Pilkades serentak 2022 yang diikuti 69 Desa se Rohul dapat berjalan aman tertib dan lancar.

“Upaya aparat keamanan yang paling penting dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2022, tentunya kami berharap sinergitas dan koordinasi antara Pemerintah Daerah, Polri dan TNI terus dibangun untuk mewujudkan suasana yang kondusif, sehingga dalam pelaksanaan tahapan hingga Pemilihan nanti berjalan dengan baik sesuai yang kita harapkan,” kata Sukiman.

Terkait pengamanan Pilkades, Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH mengaku pihaknya siap mensukseskan Pilkades Serentak 2022. Polres Rohul akan membuat peta kerawanan. Pihaknya akan selalu berkoordinasi dan memonitoring jajarannya di setiap Polsek. Hal ini guna mewujudkan suksesnya pelaksanaan Pilkades serentak Tahun 2022 di Kabupaten Rohul.

"Kita akan terus berkoordinasi dengan Panitia dan jajaran Polsek dalam memantau tahapan hingga pelaksanaan Pilkades. Kita berharap Pilkades serentak di Rohul ini berjalan dengan aman dan terlaksana sesuai dengan peraturan yang berlaku," harap Kapolres.

Sementara itu, Plt Kadis DPMPD Rohul Prasetyo M.Ip mengatakan Rapat Koordinasi tingkat Panitia Daerah ini merupakan Rapat awal untuk menyiapkan pelaksanaan Pilkades serentak 2022 supaya berjalan aman lancar dan suskes.

“Kita setiap tahapan akan selalu monitor, apalagi yang menjai atensi khusus terutama penetapan DPT, TPS dan penganggaran. Terkait kekurangan anggaran lebih kurang Rp2 Miliar. Tentunya kita akan menyurati TAPD agar dapat menganggarkan di APBD Perubahan 2022,” ujarnya

Prasetyo menjelaskan, total anggaran yang akan diserahkan ke 69 Pemdes yang mengikuti Pilkades Serentak 2022 senilai Rp7,1 Miliar. Persiapan Pilkades sudah mencapai dikisaran 25 persen. Selanjutnya panitia daerah akan melakukan sosialisasi.

Baca Juga: Pemdes Sialang Rindang Rohul Optimalkan Lahan Kosong untuk Ketahanan Pangan

“Tentunya pelaksanaan Pilkaes ini sesuai dengan aturan Perda Nomor 4, Perda Nomor 1 tahun 2018 dan Perda nomor 37 Tahun 2021 tetap seperti sediakala. Persyaratan tersebut termasuk nanti ada bebas temuan atau tuntas temuan dari inspektorat dan rekomendasi Lembaga Kerapatan Adat,” pungkasnya.*





loading...
Loading...